Jumat, 01 Oktober 2010

Bunda dan Facebook

Siapa sih sekarang yang tidak mengenal facebook? bahkan adik saya yang masih duduk di SD saja sudah punya facebook. Pengguna facebook di Indonesia saja sudah melebihi 1 juta orang. Apalagi di seluruh dumia ya......
Namun postingan kali ini tidak membahas pengguna facebook yang buuanyaak itu, tapi cukup pada satu nama yang melekat pada kita, Bunda
Ya, Bunda dan Facebook. Terinspirasi dari video yang di share teman facebook saya ( ketauan deh, facebooker juga:)..
Bangun tidur, Setelah makan ada juga yang sambil makan, bahkan ketika sedang menyusui, sampai mau tidur lagi..facebook an teruuus....hehe...(siapa neh..???)

Banyak teman2 yang sebaya dengan saya adalah pengguna facebook. Dan ada beberapa diantara mereka sudah menjadi ibu/bunda. Sebenarnya kebanyakan sudah menjadi facebooker sejak sebelum mereka menikah. Seperti saya, saya telah memilki akun facebook sejak kuliah, nah statusnya sekarang hanya melanjutkan saja..
Apalagi jika setelah menikah, memutuskan untuk menjadi Full Time mommy alias ibu rumah tangga, trus ada komputer/laptop plus koneksi internet..wah alamat akan semakin rajin saja facebookan nya.


Menurut saya, sebenarnya sah-sah saja bagi para bunda untuk ber-facebookan. Akan tetapi jangan sampai meninggalkan kewajiban. Bagi saya banyak keuntungan dari facebook
  • Bisa jadi hiburan di kala sedang kesepian, tidak ada kerjaan, karena bisa ketemu teman2 lama dan saling tukar kabar. Intinya bisa tetap menjalin silaturahim walau jarak jauh memisahkan.
  • Ada juga facebook yang digunakan sebagai media promosi produk, untuk jualan gitu..Seperti toko online tapi tidak perlu membuat website sendiri. Saya lihat lumayan juga kok, banyak banget teman2 saya yang melakukannya. Dipikir2 daripada belanja di mall, yang harus mengeluarkan uang transport, belum jajan2nya, ditambah pasti pegal2 karena jalaaan keliling2 mencari yang cocok untuk di beli. Belanja secara online cukup menghemat biaya dan waktu, malah kita bisa memilih2 sepuas kita..
  • Bisa mengekspresikan apa yang sedang kita rasakan. Kalau di facebook istilah nya 'status'. Dari status2 teman2 kita, kita bisa tau bagaimana kabar mereka atau apa yang sedang mereka alami.
  • Bisa juga untuk berbagi pesan2 kebaikan, seperti nasehat2, kata2 mutiara, tausiyah2, atau berita2 terkini yang direkomendasikan untuk dibaca. Kalau ada orang yang membaca pesan kebaikan yang kita sampaikan, dan mereka mengamalkannya..insyaAllah kita akan dapat pahalanya juga kan..???=)
  • Mungkin masih banyak juga keuntungan yang lainnya, yang tidak tersebutkan di sini..
  • Yang jelas harus ada koneksi internet yang mungkin dirasa oleh sebagian orang mahal;..tetapi jika kita mengetahui manfaatnya dan bisa menggunakan dengan bijak, insyaAllah hal tersebut tidak termasuk pemborosan.
  • Lupa waktu??? Menurut saya tidak terlalu...malah lebih banyak waktu untuk buat postingan di blog..... kayanya...^^
Tapi Bunda harus hati2 juga dalam ber-facebook-an, dulu sempat ada berita bahwa MUI mengharamkan facebook gara2 banyak pengguna faceboook yang menggunakan facebook sebagai ajang 'pacaran'. Bisa jadi sih, di facebook, kita memang akan menjumpai teman2 kita baik yang laki2 maupun perempuan. Nah disinilah  Bunda harus bisa menjaga  diri, menjaga status2 yang di tulis agar tetap dalam koridor syar'i, agar komentar2 yang muncul tidak menanggapi dengan negatif, selanjutnya foto2 yang di upload juga seharusnya yang sopan, dan yang terpenting jangan asal meng-konfirmasi teman yang kita tidak tau pasti atau belum kenal dengan baik. Banyak cerita tentang kejahatan2 yang dilakukan melalui facebook, biasanya korban di ajak pergi oleh orang2 yang sebelumnya mereka tidak mengenalnya. Satu lagi, jangan sampai, facebook-an yang kita lakukan menimbulkan kecemburuan bagi pasangan kita, misal chattingan atau saling mengomentari status dengan teman lawan jenis dengan kata2 yang menggoda/mesra. Dan yang lainnya silakan Bunda menambahkan sendiri ya...

Oke Bunda, just share aja....semoga bermanfaat..



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Berbagi membuat Hidup Lebih Berarti 2009. Powered by Blogger.Wordpress Theme by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul Dudeja.