Jumat, 17 September 2010

....Welcome Salma Nabila....

Mencoba untuk mengingat kembali detik2 menegangkan menanti sang buah hati...
Jauh2 hari  sebelum hari H memang saya sudah baca2, googling2, browsing2..bagaimana sih tanda-tanda mau melahirkan.. karena saya jauh dari ortu, jadi gak ada tempat untuk bertanya ini itu..jdlah google yg jadi sumber jawaban dari segala pertanyaan yg ada di kepala..
Kelahiran bayi saya mundur dari estimasi dokter, walau beda bebeapa hari saja. Dari hasil USG, perkiraan saya akan melahirkan tanggal 6 Mei 2010. dan ternyata tanda2 akan melahirkan saya rasakan pada tanggal 9 Mei 2010. Alhamdulillah, hari itu adalah hari Minggu, dimana suami sedang libur ngantor. Melahirkan dengan didampingi sang suami bisa menjadi kekuatan tersendiri bagi seorang calon bunda..
Tanda-tanda akan melahirkan pada setiap calon bunda berbeda-beda. Ada beberapa calon bunda yang diawali dengan mengeluarkan lendir berwarna merah segar tanpa mulas, tapi saya tidak. Yang saya rasakan dari pagi hari adalah rasa mulas yang tidak beraturan jarak antar mulas satu dengan mulas selanjutnya, sekitar 30 menit-an. Mulasnya tidak lama cuma 1 menitan. Lalu mulailah mulas semakin dekat waktunya bisa mencapai 15 menitan. Saat itu saya masih sempat  makan siang, karena melahirkan butuh banyak energi, apalagi saat mengejan. Jika jarak antar mulas sudah mencapai 10 menitan, segeralah ke tempat melahirkan, dengan membawa tas berisi perlengkapan bayi dan bunda secukupnya saja, yg sudah disiapkan jauh2 hari sebelumnya. Saya memilih di RSI Cempaka Putih, karena memang dari awal kehamilan saya periksa di sana.  Alhamdulillah tiba di rumah sakit sekitar jam 14.00.
Sesampai di RSI, saya langsung diperiksa oleh bidan, kata bidan saya baru bukaan 3 dan dipersilakan menunggu untuk bukaan selanjutnya.Yang dimaksud bukaan adalah ukuran jari yang dimasukkan ketika periksa jalan lahir. Pukul 16.00 saya diperiksa kembali dan ternyata sudah pembukaan 6, dan saya dipindahkan ke kamar bersalin. Alhamdulillah, saya melahirkan putri pertama saya jam 17.37. dengan berat 2,9 kg dan panjang 47 cm.

                                         "SALMA NABILA" Muslimah Cerdas Selamat Dunia Akhirat.


Hal yang saya ingat dalam proses melahirkan Salma  :
1. Mensyukuri datangnya mulas..justru rasa mulas lah yang dicari. Karena rasa mulas datang dari rahim yang kontraksi berusaha mengeluarkan bayi
2. Jangan menahan rasa mulas, justru ketika datang mulas rasakan dengan santai dan relakskan panggul sehingga jalan lahir menjadi mudah terbuka.
3. Jangan mengangkat panggul ketika sedang mulas ataupun nanti pas melahirkan, justru di bawa menempel ke tempat melahirkan sesuai gravitasi bumi. Jika tidak, bisa menyebabkan sobeknya jalan lahir.
4. Pastikan yang membantu persalinan bunda adalah bidan atau dokter yang profesional.
5. Mengejan ketika di perintah oleh bidan atau dokter yang membantu persalinan .  Karena mereka yang bisa melihat bukaan jalan lahir. Ini adalah saat yang paling sulit yang saya rasakan, karena keinginan mengejan sangat kuat, tetapi kita tidak boleh mengejan.
6. Jangan terlalu banyak berteriak, karena hal itu akan sangat menguras tenaga kita, lebih baik jika setiap mulas datang berdzikir dan pasrahkan semua kepada Allah SWT...
7. Jika melahirkan dengan normal, mintalah bidan atau dokter untuk membius bunda saat proses penjahitan jalan lahir setelah bayi keluar,  kecuali bunda bisa menahan rasa sakitnya.









0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Berbagi membuat Hidup Lebih Berarti 2009. Powered by Blogger.Wordpress Theme by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul Dudeja.