Rabu, 29 September 2010

Obat tradisional untuk batuk

Karena sedang sakit, maka postingannya tidak jauh2 dari soal obat dan  tips2 mengurangi sakit. Kali ini tentang batuk. 
Sakit flu seringkali diiikuti dengan munculnya batuk. Awalnya terasa sakit ditenggorokan, untuk menelan terasa sakit, lama2 jadi batuk. Untuk ibu yang sedang menyusui seperti saya, alangkah baiknya jika menghindari obat2an kimiawi, ditakutkan akan sedikit banyak berpengaruh terhadap ASI yang dihasilkan. Oleh karena itu, obat2 tradisional bisa dijadikan alternatif untuk penyembuhannya.
Ternyata banyak bahan2 disekitar kita yang dapat dijadikan obat untuk sakit batuk. Berikut ini akan saya coba bagikan untuk Bunda. 



- Perasan jeruk nipis dan kecap
  Yang ini pasti sudah banyak yang tau kan Bunda. Ini juga pengalaman saya. dari kecil sampai sekarang kalau sakit ya ke jeruk nipis dulu. Memang tidak langsung bisa dirasakan hasilnya, tapi lumayan mengurangi rasa gatal di tenggorokan.


- Madu dan air hangat
   Lumayan enak ditenggorokan, dan hangat rasanya di perut. Cocok diminum jika kondisi masih belum terlalu parah atau masih muncul gejala saja. Ini resep dari suami, dulu ketika suami di Prancis, saat itu sedang musim dingin, teman2nya pada kena flu, dia masih segar bugar, ya karena madu dan air hangat ini...


- Kencur dan garam
  Agak pedas tapi insyaallah manjur. resepnya ibu saya, caranya kencur diparut, dikasih air hangat sedikit,diperas kemudian diberi garam sedikit, satu sendok 3x sehari.


- Kunyit campur madu.
  Yang ini resep dari mertua. Kunyit diparut, diberi air kemudian diperas. Beri madu sesuai selera. Resep ini juga baik untuk menjaga stamina tubuh. 


Selain resep2 di atas, untuk penyembuhan batuk,bunda juga harus memperhatikan makanan yang dimakan. Makanan yang paling harus dijauhi adalah gorengan, makanan yang terlalu pedas, dan buah2 an yang mengandung getah atau buah yang tingkat kematangannya.kurang sempurna.


Oke Bunda, semoga postingan kali ini bermanfaat. Dan resep di atas bisa juga lho diberikan pada anak2 bayi atau balita kita.
Selamat mencoba..........

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Berbagi membuat Hidup Lebih Berarti 2009. Powered by Blogger.Wordpress Theme by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul Dudeja.